Sumber Ambyaan


Sumber Ambya'an merupakan salah satu sumber air yang ada di desa Jambuwer. Sumber ini mampu mengairi persawahan dan keperluan air minum warga. Ambya'an terletak di dusun Glagaharum. Ambya'an hanya salah satu potensi alam yang ada di Jambuwer.


Sumber ambya'an setelah direnovasi pada tahun 2011

Sumber ini menjadi sumber air utama bagi area persawahan yang ada di sepanjang alirannya. Debit air ambyaan relatif stabil meskipun pada musim kemarau, sehingga selain mengaliri sawah sumber ini juga menjadi harapan warga ketika persediaan air minum dari sumber lain mati / tidak mengalir.


Kondisi salah satu sumber di komplek Ambya'an
Sekurang – kurangnya ada 5 – 6 sumber yang terdapat di komplek ambya'an. Dua diantaranya dimanfaatkan untuk air minum warga dusun Krajan dan desa Peniwen. Sedangkan yang lain dibiarkan mengalir untuk mengaliri sawah dan untuk keperluan warga sekitar sehari – hari.
Di sumber ambya'an terdapat rumah cungkup kecil yang biasa digunakan warga pada saat acara selamatan bersih desa. Tempat ini juga dipercaya sebagai tempat danyangan, sesuatu yang dipercaya sebagai simbol atau pelindung desa dimasa lalu. Ada kemungkinan besar di Ambya'an lah dulu nenek moyang orang Jambuwer pertama kali singgah dan membabat hutan. Karena salah satu alasan suatu daerah bisa ditinggali adalah adanya sumber air.

3 komentar:

  1. saudara - saudara warga jambuwer dimana saja dapat mengirimkan ke-email admin apabila melihat ada potensi Jambuwer yang perlu di publikasikan ( email : setiyobudi9/at/gmail/dot/com

    BalasHapus
  2. bisa - bisa, welcome.... ditunggu kontribusinya.

    BalasHapus